Jumat, 27 April 2012

Tips merawat laptop ala sadanaIT

oke sobat, saya akan menjelaskan bagaimana cara merawat notebook/netbook agar bersih dari debu,kotoran serta juga menjaga agar laptop tidak cepat rusak ala ane gan.
karena barang seperti ini rentan sekali terkena debu dan ketika kita membawanya dalam ransel rentan berbenturan dengan barang-barang lain. 
 berikut ini adalah tipsnya agar laptop terjaga dengan baik:

1. Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung. Laptop adalah alat yang sangat peka dan mudah rusak ketika terkena sinar matahari langsung. Baik ketika kerja maupun ketika meletekkan laptop harus terlindung dari matahari.


2. Letakkan laptop pada media yang rata. Ketika sedang digunakan sebaiknya jangan meletakkan laptop pada area yang sangan empuk seperti kasur atau bantal maupun softcass karena bagian bawah laptop sirkulasi udaranya harus lancar Jika laptop diletakkan pada media empuk maka akan sangat cepat panas.

3. Jauhkan dari benda yang mengandung magnetik kuat. Ketika sedang digunakan maka hindari mendekatkan laptop dengan benda magnet kuat karena bisa merusak kinerjanya. seperti televisi, radio, ataupun speaker.

4. Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh. maka dari itu agar tidak terjadi benturan saat kita membawa laptop gunakan tas laptop yang aman dan terlindungi dari sinar matahari dan ketika berkendara sepeda motor membawa laptop sebaiknya jangan ditaruh dibawah stir motor karena mudah berbenturan dan getaran juga bisa mengakibatkan kerusakan tsb.


5. Jauhkan dari air. Sebisa mungkin jauhkan laptop dari siraman air. Jika anda kerja sambil minum maka gelas yang anda gunakan harus dijauhkan dari laptop agar jangan sampai terjadi kecelakaan yang akhirnya menimbulkan musibah pada laptop, terutama daerah keyboard. ini bisa agan gunakan dengan keyboard protector.

6. Hati-hati membawa laptop. Walaupun laptop sudah mempunyai tas, namun anda harus tetap hati-hati membawa laptop. Jika anda menggunakan tas laptop ransel, jangan sampai terjadi tumbukan terlalu keras dengan badan lain anda.

7. Gunakan stabilizer. Sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan listrik tidak stabil atau pemadaman listrik secara mendadak.

8. ini yang paling diabaikan sebagian orang, yaitu layar LCD yang banyak debu atau kotoran, demi kenyamanan dan kebersihan sebaiknya bersihkan menggunakan kain lap yang lebut dan bersih, lap lah secara beraturan dari atas kebawah atau dari samping kanan kekiri. dan pakailah cairan pembersih yang ada ditoko-toko atau jika tidak punya cairan pembersih bersihkan saja pake minyak kayu putih agar terlihat lebih bersih dan mengangkat kotoran yg menempel.

demikian semoga ini bisa bermanfaat.

3 komentar:

Malu bertanya sesat dijalan!