Selasa, 29 Mei 2012

handphone ga bisa ngecharger/chas

halo sobat blogger, sudah lama sekali saya tidak update2 blog, banyak sekali yang mengirim email, YM, wall, fb, maupun twitter tentang menanyakan bagaimana bisa seorang awam seperti saya ini mengerti bongkar membongkar handphone, dan ga banyak temen saya ga percaya akan kemampuan ini, dan saya hanya menjawab 1 kata yaitu "NEKAT', ya karena nekat lah saya bisa memperbaiki segala jenis handphone. oke lanjut saja ke topik ini....
banyak sekali orang2 yang salah menanggapi presepsi tentang kerusakan handphone yang ga bisa mencharge/ mengisi baterai, mereka memfonis kalau itulah kerusakan pada chargernya. namun sering kali kita mengganti chargeran tetep saja tidak bisa mencharge. nah untuk itu mungkin ada kerusakan pada lubang charger pada komponen handphone.
nah untuk itu perlu penanganan service dan penggantian sperpart.
 jadi handphone anda ga bisa mencharger/chas padahal sudah mengganti kabel chargeran dengan yang lain. INI SOLUSINYA!!!

oke disini saya akan memberikan tips cara mengganti lubang pada colokan yang ada dikomponen handphone.
saya akan kasih contoh handphone nokia 5130c expressmusic (sebenarnya komponen atau perangkat handphone jenis apapun pada dasarnya sama. cuma beda letak2 komponennya saja.)

langkah pertama adalah :
1. lepaskan baterai, sim card, perangkat2 lain dan buka semua cassing handphone.

2. lepaskan baut2 handphone dengan obeng yang sesuai dengan ukuran handphone agar baut2   handphone tidak rusak. dan angkat pelan2 komponen2 hp tersebut agar terlepas dari cassing dengan perlahan agar tidak patah atau merusak yang lain.

3. lalu lihat lah letak komponen hp yang bermasalah ( lubang pada charger hp)
lihat gambar dibawah :














nah pada yang dibuletin biru itulah komponen yang pesti diganti atau anda bisa mengakalinya dengan mengangkat sedikit tembaga dengan pinset atau apapun, tapi hati2 jangan sampe patah.

4. kalau pun sudah dengan cara diangkat tembaganya tidak bisa juga maka anda bisa mengganti perangkat/sperpart tersebut, anda bisa membelinya ditoko2 yang memjual sperpart handphone dengan harga yang terjangkau.













5. setelah anda membeli perangkat yang baru pasang lagi seperti semula dan silahkan anda test.
kalau pun masih ga bisa kemungkinan itu kerusakan pada PCB/motherboard handpone anda, tapi saya yakin itu kemungkinan rusak pada PCB sangat tipis.

6. pasang kembali handphone dengan sedia kala.

semoga tips ini dapat memberikan anda jauh lebih hebat dan super.
dan jika anda ingin bertanya silahkan komen saja, dengan senang hati saya akan menjawab..

terima kasih dan sampai ketemu lagi dilain kesempatan.

1 komentar:

Malu bertanya sesat dijalan!