Jumat, 13 April 2012

cara memperbaiki Handphone yang sering hilang signal

haloo sobat blogging, salam sejahtera.
saya akan mempostingkan cara memperbaiki handphone yang sering mengalami hilang signal atau pun lemah signal.
mengesalkan memang kalau barang yang selalu ada bersama kita, baik lagi senang mau pun galau, yang selalu buat kita tidak jenuh yaitu handphone. apalagi dizaman yang serba elektronika ini, handphone sudah bukan menjadi barang yang mewah lagi, meski pun begitu jika handphone mengalami problem atau pun masalah yang sangat besar, entah terkena air ataupun terjatuh yang membuat handphone mengalami error. dan inilah yang lebih fatal yaitu jika signal kita selalu lemah atau malah signal hilang sama sekali. itu yang membuat kita keselnya sampe keubun2, walau sudah kita akalin dengan memancing jaringan di menu pengaturan tetapi masih saja tidak membawakan hasil dengan baik. bayangin kalau kalian lagi dalam perjalanan, tersesat atau ditempat ruangan tertutup dan anda butuh komunikasi dengan keluarga, sahabat, bos, rekan kerja, apalagi jika pacar yang tidak pengertian pasti sudah ngomel2 karena hp kita tidak aktif/tidak dapat digunbungi dan menghubunginya, bahkan anda bisa saja kehilangannya dan itu pasti akan merugikan anda, hahahaha
kesel minta ampun deh, rasanya ingin membanting tuh hp. dan kita yang tidak punya biaya untuk membeli baru atau menyervicnya. dan jika anda yang awam2 (sama seperti saya) ingin memperbaikinya sendiri pasti ragu dan tidak tahu apa yang akan anda lakukan jika sudah membongkarnya, atau malah takut merusaki komponen2 yang lain. lanjut aja ya!

nah ada dua kemungkinan sering terjadinya hilangnya signal dihandphon kita.
yang pertama adalah memang providernya sendiri mengalami gangguan sehingga signal dihandphone kita mengalami lemah signal atau hilang signal,
yang kedua apa memang benar-benar handphone anda yang bermasalah.
untuk kasus yang pertama lebih baik anda menelpon layanan provider untuk mengetahui ada gangguan atau tidak, jika tidak makan anda harus mengecek keadaan sellular anda.

nah jika handphone selullar anda bermasalah dan ingin sedikit nekat dan hilangkan rasa takut maka tuhan akan membantu kita untuk menyelesaikan masalahnya.

ini contoh saya yang saya perbaiki handphone sendiri, dan otak atik hanya dengan modal nekat, karena sebelumnya saya memang tidak tahu tentang perangkat2/komponen2 handphone. suerr deh gan! mungkin ini udah bakat terpendam jadi tukang bongkar pasang :D saya membongkar handphone Nokia 5130c xpressmusic. ini dilakukan kalau denganc cara manual tidak ada memawakan hasil
 jadi kita akan memperbaiki handphone Nokia 5130c xpressmusic yang sering hilang signal sudah kronis banget.


step by step :
1. siapkan obeng yang sesuai dengan mur/baut handphone anda
2. lepaskanlah cassing handhphone anda dengan hati2.
3. setelah itu, lepaskan PCB, LCD, dan perangkat2 lain handphone anda, ini harus hati2 karena banyak komponen2 yang vital jika tersentuh dengan keras hati2 patah, yang ada bukan untung melainkan buntung. hehehe















4. nah setelah anda liat PCB nampak belakang handhone 5130c ini, disini sobat tinggal mencari mana letak pengalir aliran signal, nah disini biasanya terlihat ada tembaga2 kuning yang menonjol atau kaki2 yang berbentuk tembaga kuning. nah angkat perlahan2 pake obeng min (-)
jangan sampe patah gan karena ini bisa berbahaya, sebenarnya saya juga ga tau apa fungsinya ini tetapi saya coba sedikit angkat pin2 tersebut supaya dapat besentuh pada tembaga yang lain yang nempel dibody.














5. sebenarnya masih ada sebuah komponen yang mungkin berhubungan dengan penguat signal, ini seperti antena atau konektor antena karena saya lihat ini seperti yang terdapat diPCB modem smartfren. disini anda bisa menambahkan tembaga secukupnya lalu tempelkan tembaga tersebut dikomponen PCB (papan mesin). lihat gambar:














6. setelah beres pasang kembali komponen2 yang ada dihandhone anda pasang dengan rapih dan jangan samapi ada komponen yang tertinggal.



sekian cerita singkat yang saya berikan kepada anda semua semoga postingan memperbaiki handphone yang sering hilang signal ini bermanfaat dan jika ada kesalahan mohon maaf , karena ini yang saya lakukan dengan modal nakat dan tanpa pengetahuan apa2 tentang elektronika. semoga anda semua bisa memaklumi.

NB : memperbaiki signal handphone yang hilang/lemah ini sebenarnya dapat digunakan disemua merek atau tipe ponsel apapun karena prinsip komponen-komponen ponsel sebenarnya sama saja, cuma penempatan2, jenis, ukuran, dan modelnya saja yang membedakan.

5 komentar:

  1. berani otak atik HP nih si agan. keren

    BalasHapus
  2. mantafff brurrr,kembangkan terus bakat terpendamnya.dan jgn pelit2 bagi ilmu ke org lain,spy Tuhan terus memberi pengetahuan baru buat Brur Sadana! GBU

    BalasHapus

Malu bertanya sesat dijalan!