Senin, 08 Oktober 2012

cara update bios laptop asus

terimakasih kawan-kawan yang sudah mau bergabung dan membaca blog saya ini, semoga para pembaca diberkahi ilmu yang bertambah dan semoga dengan adanya blog ini kita bisa salingelajar,

oke baik langsung aja, ini berawal dari kejengkelan saya awalnya laptop asus saya mengalami kerusakan pada mainboard karena laptop tidak mau hidup hanya menyala pada lampu led dan powernya saja, untung masih garansi saya pun berangkat untuk ke ASCnya langsung, dan oke lah saya disuruh tunggu selama kurang lebih 7 hari kerja dan akhirnya hari ke empat pun saya dapet telepon dari ASC bahwa laptop saya udah bener, langsung berangkat keTKP akhirnya ane sampe pas ane ambil, CSnya bilang "laptopnya sekalian udah diupdate BIOS yang baru", saya awalnya berpikir ini ga akan ada masalah dan semua akan baik2 saja, tapi entah kenapa ane merasa ada yang kurang, peforma laptop saya jadi menurun, ini terlihat ketika saya mencoba bermain game berat seperti THE RUN, COD, dan PES2012 terasa ngadat-ngadat dan ngelag-ngelag ga jelas, padahal awalnya tidak terjadi seperti ini, akhirnya saya mencoba mencari tahu digoogle tentang masalah laptop ane dan ternyata benar BIOS yang diupdate terlalu jauh akan mengurangi peforma grafik ataupun kecepatan laptop jadi main game serasa berat dan ngelag,
jadi bios awal laptopnya saya ga tau karena lupa mencatatnya dan setelah diupdatein sama ASCnya jadi versi 311 dan ini yang buat ngelag.

duhh panjang banget nie, jadi curhat ane sampe lupa mau ngetik apaan :D
oke jadi langsung aja ya kawan. jadi untuk temen2 yang mau update dari versi lama ke baru begini ceritanya :P

pertama2 download dulu bios ASUS A43SJ versi terbaru download bios (ini adalah contoh dari satu seri laptop asus, sebenarnya pada prinsipnya sama saja cuma beda disoftware dan tipe saja).

2. setelah didownload extrak file yang anda download dari situs asusnya tadi.
contoh dari extract file yang didownload


















3. setelah itu anda silahkan buka winflash yang biasanya sudah terinstal pada saat menginstal driver asusnya, atau jika tidak ada silahkan download winflash pada web asusnya dan sesuaikan tipe masing2.
cari  dan buka winflash






















4. setalah anda buka winflash maka akan muncul tulisan seperti ini, klik oke!
muncul seperti ini klik oke saja











5. maka setelah itu akan tampil menu browser nah disini anda tinggal cari file yang tadi anda ekstrak lalu pilih open.
pilih file bios yang anda inginkan















6. jika sudah memilih seperti ini anda tinggal klik flash maka akan memproses dan tunggu winflash selesai memproses dan anda harap menunggu dan jangan dibatalkan, dicancel, direstart ataupun dishutdown atau jangan membuat laptop mati mendadak saat proses
klik winflash dan biarkan memproses






















7. selesai, dan komputer akan shutdown otomatis.

kesimpulan :
semua itu tidak akan berjalan jika anda tidak berani mncoba tentang hal yang sebenarnya mudah dan anda bisa, jangan selalu bergantung dengan orang, yakinlah bahawa tidak akan terjadi apa-apa pada laptop anda karena mengupdate bios tidaklah SESUSAH yang anda BAYANGKAN, selama pada saat memproses flashing atau update anda TIDAK membuat laptop MATI mendadak,SHUTDOWN,atau anda CANCEL PROGRAM WINFLASH, sekali lagi MOHON JANGAN MELAKUKAN HAL ITU, jika anda benar maka anda siap menggunakan laptop anda dengan update bios terbaru kesukaan anda dan laptop kesayangan anda tidak terjadi apa2 dan semoga sukses. ups, jangan semoga tapi pasti sukses jika anda melakukannya dengan benar dan buang jauh2 rasa takut didiri anda karena itu yang membuat anda malas dan bodoh.
suatu saat saya pasti akan membahas cara mengdownupgrade bios jika bios yang anda gunakan tidak kompetibel dengan laptop anda.

terimakasih sudah mau bergabung dan membaca disini, mohon jika berkenan mohon di like fans page kami sadanait blog.

wasalam,
salam indonesia

dari sadanait
HMJTK BSI

2 komentar:

  1. ada solusi ga gan jika mengalami kegagalan dalam flash bios kalo ada mohon bantuanyya

    BalasHapus
  2. makasih gan berkat postingan ini masalah laptop ane terselesaikan. :D

    BalasHapus

Malu bertanya sesat dijalan!