Rabu, 26 September 2012

cara membuat tinta pembuangan printer canon mp287

oke baik kali ini saya akan membahas tentang tinta pembuangan, sebelumnya apa sih itu tinta pembuangan,
iya jadi tinta pembuangan itu adalah sisa-sisa tinta pada saat anda mengeprint atau mengoprasikan printer.
sebeneranya jenis atau merek printer-printer sudah disediakan tempat atau wadah beserta sponnya untuk menampung sisa tinta, tapi ini tidaklah cukup untuk anda yang sering menggunakan atau mengoprasionalkan printer secara terus menerus dengan sistem infus, untuk membuat tinta pembuangan ini tidak dianjurkan karena ini akan merusak bagian-bagian printer anda apalagi yang masih mendapatkan garansi dari vendor printer yang anda gunakan, tapi jika anda menggunakan printer secara terus menerus dan menggunakan sistem infus saya anjurkan untuk melakukan seperti ini agar printer tidak mengalami banjir oleh sisa-sisa tinta anda atau yang disebut the ink absorber is full, kalau anda belum membuat pembuangan tinta printer maka anda harus rutin untuk membuka bagian casing printer anda untuk membersihkannya secara berkala dan meresset kembali printer anda.

sebenernya prinsip printer yang satu dengan yang lain itu sama saja, cuma dikembangkan dengan model dan sistem perancangan dari setiap model atau merek printer itu sendiri.
oke jadi langsung saja ya saya ambil contoh dari printer yang saya gunakan yaitu printer canon pixma mp287 ini,

ini dia langkah-langkahnya :

pertama-tama buka penutup belakang casing printer anda, disana hanya ada dua baut, setelah itu tinggal angkat aja maka casing belakang sudah terbuka, nah jika sudah terbuka seperti ini maka anda pasti akan melihat selang putih yang tersambung pada ink tank, anda bisa mencabutnya perlahan dan anda sudah berhasil menemukan tinta pembuangan hitam, tunggu dulu masih ada selang yang warnanya, mungkin yang ini agak rumit tapi coba saja cek langkah kedua.
















kedua, sekarang anda buka bagian casing sampingnya, maka akan terlihat pada gambar seperti dibawah ini.












oke lanjut kelangkah ketiga, lihat bagian samping dari printer disana maka anda akan menemukan seperti tanki tinta (tempat bersandarnya catrige) jika tangan anda menyentuh spon yang ada didalamnya maka anda akan terkena sisa2 tinta, tapi dimana letak selang pembuangannya, oke coba lihat gambar diawah ini. nah itu dia tepat dibawah lingkaran pada gambar dibawah cari saja selang putih sama seperti selang pada bagian belakang, dan mungkin itu ada dibagian bawah dan agak terselip dengan mesin lainnya, anda bisa cabut perlahan dengan pinset atau sejenisnya.















ini langkah keempat, jika sudah berhasil menemukannya anda bisa menyambungkannya pada selang kecil untuk memperpajang selang tersebut karena selang aslinya cukup pendek untuk kebelakang selang. lihat gambar dibawah.





















nah gambar diatas ada 2 selang yang putih selang tinta pembuangan hitam dan yang ungu itu warna atau anda mau ngasih selang yang warna lain juga ga apa-apa.

dan langkah terakhir adalah lubangin casing dengan bor atau solder atau apa saja untuk melubangi casing bagian belakang agar selang tinta pembuangan dapat terhubung dengan botol pembuangan
pasang kembali tutup2 casing yang anda bongkar dengan rapih. selesai dan sebenarnya sistem pembuangan printer canon itu sama saja






















terimakasih semoga ini bermanfaat buat anda, silahkan dukung blog ini visit blog kami

salam,
sadanaIT

6 komentar:

  1. Makasih pisan nya mas,kabeneran saya teh lg cari cara ini, saya praktekin ya mas.salam kenal.saya fahri dari sukabumi.::):)

    BalasHapus
  2. siiippp sarannya. saya mau coba

    BalasHapus
  3. saya baru buat saluran pembuangan tapi masalahnya kk malah gk bisa jalan sisa tinta pembuangannya,,, mohon solusinya????

    BalasHapus
  4. mohon bantuanya jika ada solusinya

    BalasHapus
  5. Atas bagi-bagi Ilmunya semoga Allah memberikan kebaikan setiap hari,murah rezki, amiin

    BalasHapus

Malu bertanya sesat dijalan!