Senin, 08 Oktober 2012

cara menginstal operation system dengan flashdisk tanpa software

oke baik, sebelum saya membuat tutorial seperti ini saya sudah memperaktekan sendiri dan hasilnya 100% work bekerja dengan sangat baik jadi selamat datang para pembaca semoga kita masih diberikan kesehatan dan dalam keadaan tidak pusing karena netbook atau laptop atau komputer anda tidak bisa menginstal windows lantaran terbatasnya piranti yang anda gunakan (ga punya dvd-R/RW, DVDromnya rusak, dan bahkan ga mau repot pake kaset :P) banyak sekali memang alasan-alasan orang ingin menggunakan flashdisk sebagai media untuk menginstal operation system (OS), karena flashdisk ini sangat mudah didapat dan memang media yang sangat tepat.


oke jadi ceritanya anda ingin menginstal operation system dengan flashdisk tanpa berbelit-belit software yang akhirnya akan menuntut anda untuk download ini itu!!!
oke silahkan baca baik-baik ya.. hehehe
*yang awam juga bisa mengikuti langkah-langkah seperti ini karena saya membuat tutorial ini dengan bahasa yang lugas, mudah dimengerti dan beserta gambar yang lengkap.

peralatan yang digunakan :
a. flashdisk merek apa saja yang penting minimal kapasitas muatan 4GB(empat GigaByte) dan tidak dalam keadaan menyimpan data penting anda.
* b. laptop/komputer yang sehat yang masih bisa dioperasikan tentunya :P
c. CD/DVD atau kaset operation system yang anda kehendaki dan yang tentunya masih layak digunakan lho, hehehe. yang ini bisa anda gunakan jika anda punya copyan/savean setup operation system yang ingin anda gunakan.
d. tentunya port USB, karena kalau tidak ada ini bagaimana anda mengcopy dan menginstal pake flashdisk.
e. baca dengan teliti, kebanyakan dari kita adalah hanya melihat-lihat dari gambar dan komplain kalau gagal atau tidak bisa menginstal dengan flashdisk, padahal bukan karena flashdisknya ataupun tutoraialnya tapi karena anda kurang teliti mungkin. hehehe

NB : *b. banyak pertanyaan dan mengeluhkan "saya ga punya komputer lain lagi, ga punya laptop, ga ada CD windowsnya" ataupun sebagainya. yang ini kan anda bisa minta tolong sama teman anda, atau kewarnet, atau kelab sekolahan atau pinjem ketetangga atau apapun. yang namanya punya mau memperbaiki barang yang kita sayang tentu kita harus berusaha jugakan, dan termasuk anda search digoogle dan menemukan tutor ini aja itu sudah usaha :D

langkah-langkahnya :
pertama-tama, colok/tancap/sodok/pasang flashdisk anda pada laptop anda (yang ini ga usah dikasih gambarnya ya, pasti sudah pada bisakan dan tentunya PC, hehehe) ehya komputer atau perangkat yang anda gunakan itu harus hidup juga ya, hehehe
kedua, Tekan tombol WIN+R atau start>all programs>acsesories>commend prompt, ketik cmd dan klik OK
cmd











ketiga, ketik diskpart pada menu cmd yang tadi.
akan menjadi 2 cmd gunaka yang sudah menjadi ekstention diskpart saja













keempat, ketik list disk, tekan ENTER dan pastikan bahwa yang akan anda pilih adalah USB flashdisk yang gunakan untuk meginstal, karena jika anda mengalami kesalahan mengetik dan memilih bisa salah memformat disk yang lain. sebagai contoh jika laptop/PC anda punya satu harddisk maka USB flashdisknya adalah disk1 atau disk2.
lihat yang dilingkarkan












kelima, ketik select disk 2 dan tekan ENTER. (posisi disk tergantung pada berapa banyaknya hardware yang anda gunakan)
select disk 2












keenam, ketik  clean dan tekan ENTER. disini dimaksudkan untuk memformat flashdisk anda yang ada.
clean












ketujuh, ketik create partition primary lalu tekan ENTER.
create partition primary












kedelapan, ketik select partition 1 dan tekan ENTER.
active













kesembilan, ketik active terus ENTER.
active













kesepuluh, ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER. nah pada disini anda disuruh untuk menunggu proses pemformatan tunggu sampai 100 dan complate

format fs=fat32













kesebelas, ketik assign maka akan muncul autoplay dari flashdisk anda













terakhir, copy paste kan data operation system yang anda kehendaki, JANGAN anda copy dalam berbentuk folder zip, rar, atau iso. (liat gambar)























paling terakhir,  jika anda sudah mengcopy paste  maka anda sudah berhasil untuk menginstal dengan flashdisk, tinggal anda pindahkan flashdisknya ke laptop/komputer anda yang bermasalah, dan booting komputer atau laptop anda melalui USB flashdisk. selesai maka proses instalasi berjalan dengan USB flashdisk anda.

terimakasih, semoga ini bisa membantu anda
 dan visit ke fans page sadanait blog


salam
sadanait

2 komentar:

Malu bertanya sesat dijalan!