Sabtu, 02 Juni 2012

kecepatan internet (network speed)

Teknologi jaringan komputer dapat dipilah-pilah berdasarkan kecepatan dan media transmisi yang digunakan. Jika dilihat dari kecepatan jaringan komputer, dapat disimpulkan bahwa ada 4 katagori jaringan komputer sebagai berikut.

1. Jaringan komputer dengan kecepatan rendah (low speed network)
Jaringan dengan katagori seperti ini biasanya memiliki kecepatan kurang dari 1 Mbps dan jaringan digunakan oleh perusahaan-perusahaan penggunaan jaringan. Katagori ini hanya untuk percobaan dilaboratorium jaringan komputer.
2. Jaringan dengan kecepatan sedang (medium speed network)
Katagori jaringan dengan speed medle ini adalah berkisaran 1-20Mbps. Katagori ini dapat digunakan oleh perusahaan kecil yang tidak terlalu mementingkan kecepatan transfer data. Bermodalkan ethernet card, NIC (kartu jaringan 10 Mbps), kabel coaxsial, conector RG 48, dan T conector (HUB), kita sudah dapat membangun jaringan dengan katagori ini.
3. Jaringan dengan kecepaan tinggi (high speed network)
Jaringan dengan kecepatan lebih dari 20 Mbps termasuk dalam katagori seperti ini. Transmisi data tidak hanya berupa teks, tapi juga berupa gambar. Teknologi local network untuk katagori ini diantaranya adalah FDDI, ATM, 100 VG any Lan, dan ethernet.
4. jaringan komputer dengan sangat cepat ( super high speed network)
Katagori jaringan ini sangat sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jaringan komputer pada umumnya. Hingga saat ini kecepatan yang bisa dicapai adalah 10Gbps (giga bit). Dengan kecepatana ini tidak hanya data teks dan grafis saja, tetapi juga dilewati oleh voice dan video, bisa juga dilalui oleh streaming video. Teknologi yang digunakan ilah ethernet dan fiber.

Posting Komentar

Malu bertanya sesat dijalan!