Minggu, 12 Februari 2012

cara mempercepat koneksi internet USB modem

hallo sobat blogger, kali ini saya akan membahas cara mempercepat koneksi internet USB modem. koneksi yang sangat lambat terkadang sangat menjengkelkan, apalagi jika kita mempunyai tugas kantor, kuliah maupun sekolah yang harus sudah selesai besok hari. internet Lemod atau lambat yang sangat-sangat sudah parah untuk browsing ke google saja kita bisa menunggu hampir 5 menit, itu sangat membuat anda stress dan pusing kepala karena menahan marah sampe keubun-ubun, rasanya ingin membanting komputer/laptop sama seperti iklan provider yang ada di televisi. berkali-kali berganti kartu perdana/provider layanan internet tidak juga membawakan hasil yang signifikan, sampai-sampai kita menggonta-ganti USB modem tapi hasil yang didapat hanyalah NIHIL bukannya kita mendapatkan keuntungan tetapi malah mengalami kebuntungan, tapi disinilah kemampuan kesabaran kita diuji, sehingga kita banyak mengakalinya dengan berbagai cara agar mendapatkan koneksi internet yang cepat dan ekonomis (asal jangan mencuri koneksi internet tetangga).

koneksi internet Lemod atau lambat itu tidak selamanya disebabkan oleh provider ataupun modem yang sudah lemah signal. kelambatan internet bisa saja terjadi karena adanya traffic jump (kepadatan akses internet) atau tempat anda tidak mencakup layanan 3G/HSDPA/EVDO dikarenakan terhalang oleh pepohonan, tembok bangunan, atau jauhnya BTS(tower)provider dari tempat tinggal anda penangkapan sinyal yang hanya 1/5 bar atau 2/5 bar akan mengakibatkan indikator sering mati dan pada saat itu proses browsing ataupun download akan berhenti. Pada saat itu yang terjadi adalah Modem/wireless melakukan tracking ulang Sinyal. Hal itu dikarenakan kurang kuatnya sinyal tangkapan dari BTS atau Hotspot jadinya internet kita sering mengalami RTO yang menjengkelkan.
Nah… untuk itu berikut Tip aman untuk menguatkan sinyal GSM Modem baik itu Sinyal GPRS, Sinyal 3G ataupun Sinyal Wireless LAN..

ada beberapa cara untuk menguatkan sinyal provider bisa digunakan untuk semua modem USB:

1. kabel usb ekstender/ekstenstion

Antena Ekstender/ekstension adalah perpanjangan kabel USB, Dilihat dari namanya berarti fungsi alat ini adalah untuk menyambung modem. USB extender ini sendiri bisa mencapai panjang hingga 10 meter. USB extender ini sendiri bisa mencapai panjang hingga 10 meter (punya saya ini 5meter). Ini adalah cara yang mudah untuk menambah sinyal modem anda. Mungkin ada yang berpendapat bahwa USB extender ini tidak begitu banyak membantu untuk menambah sinyal. misalnya jika sebuah modem ditaruhkan dibawah lantai atau biasanya nempel di komputer/laptop hanya dapar modem 1bar, dengan USB ekstender ini anda bisa menaruh modem usb anda ditempat-tempat yang strategis yang memungkinkan mendapatkan banyak signal.

2. Antena Eksternal Outdor

Antena Eksternal Outdor adalah antena yang dipasang diluar rumah atau diluar ruangan seperti antena tv pada umumnya. antena ini terdapat berbagai jenis yaitu antena Yagi, Wajanbolic, Omni, bassoka dll.
antena outdor ini bersifat permanen, artinya hanya bisa digunakan di satu tempat saja dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Kenapa? Karena ukuran antena ini yang terlalu besar yang tidak memungkinkan anda untuk membawanya ke mana-mana. Antena eksternal outdoor sendiri banyak macam dan tipenya. Kegunaan alat ini sangatlah besar, terbukti bisa menjadikan sinyal modem anda full bar, tergantung spesifikasi jangkauan antena dan juga letak geografis anda.

3. Antena modem indoor (portable)

 Ada antena eksternal outdoor berarti ada antena eksternal indoor atau biasa disebut antena portable. Antena ini memiliki bentuk fisik relatif kecil dan sederhana sehingga memungkinkan bagi anda untuk membawanya ke mana-mana bersama 1 paket dengan modem anda. Akan tetapi penangkapan sinyal antena ini masih kalah dengan antena outdoor karena diletakkan hanya sebatas di dalam ruangan. Bagi anda yang tidak ingin ribet memasang antena ekternal di atas atap maka antena portable ini adalah solusi bagi anda yang kesulitan mendapatkan sinyal modem yang bagus.

Catatan:
Baik antena eksternal outdoor ataupun indoor bisa digunakan untuk semua modem dan semua operator. Baik modem yang memiliki slot antena eksternal maupun modem yang tidak memiliki slot antena eksternal. Untuk modem yang tidak memiliki slot antena eksternal sebenarnya slot antena bisa anda temukan jika anda membongkar modem. Akan tetapi jika anda tidak ingin menanggung resiko membongkar modem, anda bisa menggunakan pigtail jenis induksi. Pigtail induksi pemasangannya hanya ditempelkan atau dililitkan pada modem saja.

4. Antena Booster (Internal Signal Booster)



Alat yang terakhir, yang kemungkinan belum banyak yang tahu adalah Antena Booster atau juga bisa disebut Internal Signal Booster.  Antena booster ini pengaruhnya sangat besar terhadap modem, sudah saya buktikan sendiri dengan uji coba dan terbukti bisa menambah sinyal yang didapatkan modem.
Beberapa kegunaan Antena booster (Internal signal booster) ini diantranya:
- Menstabilkan dan meningkatkan sinyal up to 30% (tergantung keadaan geografis dan jauh dekatnya anda dengan BTS)
- Mengurangi noise ketika melakukan panggilan
- Memperpanjang jangkauan sinyal hingga ke area yang sulit dijangkau oleh BTS
Antena booster ini juga bisa digunakan untuk semua perangkat internet wireless termasuk untuk handphone juga. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup ditempelkan pada perangkat modem atau handphone. Untuk info antena booster ini anda bisa lihat pada web modemku.com.

demikian artikel saya semoga bisa bermanfaat

Posting Komentar

Malu bertanya sesat dijalan!